TIPS MERAWAT MOTOR

Sunday, September 25, 2011


Ini ada beberapa tips perawatan motor agar tetap slalu dalam kondisi prima:

Yang pertama  Cek Kondisi Oli
Oli mesin ini sangat berperan penting bagi motor karena perananya juga sangat besar seperti untuk melumasi komponen-komponen seperti stang seher,seher,ring seher kruk as noken as atau stang klep.jika oli atau minyak pelumas sudah berwarna ke hitaman dan menjadi kental ada baiknya untuk segera di ganti.dan gantilah oli secara berkala.

Lalu Cek Kondisi Aki
Air accu sebaiknya jangan dibiarkan melebihi batas maksimum atau minimum yang telah ada karna bisamenyebabkan selsel accu menjadi rusak sehingga  memperpendek umur accu.jika accu sudah buruk ada baiknya untuk segera mengganti karna jika di paksakan akan mengeluarkan korosi(serbuk putih) yang akan menjalar ke bagian kabel-kabel utama.

Kabel Koil dan Busi
Perhatikan keberadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi. Cepat ganti kabel yang kelihatannya sudah cukup umur dan banyak terlihat keretakan dan pengerasan pada kabel. Jangan lupa perhatikan keberadaan busi karena busi sangat vital untuk kelancaran sebuah mesin kendaraan.

Cek Selang Bensin
Selang  yang untuk mengaliri bensin ada baiknya untuk wajib diperhatikan.jangan biarkan selang untuk mengaliri bensin menjadi keras atau terjadi retakan – retakan,karena selang menjadi tidak elastis dan akan mengakibatkan serbuk kotoran dari selang akan masuk kedalam karburator dan itu akan menyebabkan penyumbatan yang  akan menggangu sistem pembakaran.

Periksa Rantai dan Gir
Untuk rantai  jangan dibiarkan terlalu kencang ataupun terlalu kendor ,sebab jika rantai terlalu kencang bisa menyebabkan rantai menjadi putus dan jika terlalu kendor maka rantai bisa copot dari girnya.jangan lupa juga untuk memeriksa bagian gir,ada baiknya mata gir yang sudah tajam atau lancip segera karena jika tidak rantai bisa tiba-tiba putus.

Panaskan Mesin
Sebelum di jalankan motor sebaiknya dipanaskan terlebih dahulu tujuannya agar  oli bisa melumasi seluruh bagian mesin yang bergerak.

Gunakan Sparepart Asli
Untuk sparepart sebaiknya gunakan yang asli Lebih baik mahal sedikit tetapi dalam penggunaan lebih tahan lama di banding  yang palsu.

Mungkin hanya itu tips yang bisa diberikan smoga manfaat...


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 comments:

Post a Comment