Pengertian dan konsep pemasaran

Saturday, October 8, 2011

Pemasaran adalah kegiatan pemasar utuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau jasa ,menetapkan harga,mendistribusikan serta mempromosikanya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
unsur pokok dalam kegiatan pemasaran:
1.     Pemasar
Pemasar adalah organisasi perusahaan atau perorangan yang mempunyai tujuan tertentu bagi organisasi maupun pribadinya.
2.      Barang dan jasa
Barang dan jasa itu adalah sesuatu yang di tawarkan oleh produsen untuk pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen yang berbentuk barang ataupun sesuatu yang tidak dapat dilihat tetapi dirasakan atau (jasa).
3.      Pasar
Pasar adalah konsumen pribadi atau orgaisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud sebagai permintaan terhadap barang atau jasa.
4.      Proses pertukaran
Pertukaran adalah kegiatan dua pihak yang masing-masing memerlukan sesuatu milik pihak yang lain sebagai usaha untuk pemenuhan kebutuhan hidup dan keinginan masing-masing.pertukaran dapat dilakukan secara barter atau transaksi penjualan dengan syarat-syarat yang disepakati secara layak oleh kedua belah pihak.






 Lingkup pengertian pemasaran

  • Pemasaran mikro-eksternal ↔ lingkup kegiatan pemasaran mikro-eksternal melibatkan antara kepentingan internal(lingkup makro perusahaan) pemasar dengan pasar pada posisi eksternal perusahaan.
  • Pemasaran mikro-internal ↔ untuk pencapaian pada lingkup perusahaan,yang didukung oleh pihak internal.
  • Pemasaran makro-eksternal↔ menyebarkan dan mengembangkan kualitas hidup masyarakat dengan memperlancar arus barang dan jasa dari produsen (skala makro) ke konsumen (skala makro).

Perkembangan konsep pemasaran
           
            Dalam perjalanan waktunya konsep pemasaran menglami perkembangan,yaitu:

a.       Konsep produksi
Konsep produksi adalah anggapan pemasar bahwa konsumen yang berorientasi kepada proses produksi (internal) bahwa konsumen hanya akan membeli produk-produk yang murah.

b.      Konsep produk
Konsep produk adalah anggapan pemasar bahwa konsumen lebih menghendaki produk-produk yang berkualitas atau berpenampilan baik.

c.       Konsep penjualan
Konsep penjualan adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada tingkat penjualan (internal) bahwa konsumen perlu dipengaruhi agar penjualan dapat meningkat sehingga tercapai profit maksimum sebagai tujuan perusahaan.

d.      Konsep pemasaran
Konsep pemasaran adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada pelanggan (eksternal) bahwa konsumen hanya akan besedia membelu produk-produk yang mampu memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasan.

e.       Konsep pemasaran masyarakat
Konsep pemasaran masyarakat adalah anggapan pemasar bahwa konsumen hanya besedia membeli produk yang mampu memenuhi kebutuhan serta kesejahteraan lingkungan social konsumen.

f.       Konsep pasar
Konsep pasar adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada pelanggan dan pesaing-pesaing perusahaan(pesaing pasar)bahwa produsen perlu mempunyai keunggulan pasar untuk dapat memeuhi dan memuaskan pelanggan.



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 comments:

Post a Comment