Mengenal Bisnis Online

Sunday, December 19, 2010

Bisnis online
Pertama saya akan menjelaskan pengertian bisnis.Bisnis adalah serangkaian usaha yang dilakukan 1 orang atau lebih individu atau kelompok dengan menawarkan barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan/laba.atau
Bisnis merupakan sebuah usaha, dimana setiap pengusaha harus siap untung & siap rugi. bisnis tidak hanya tergantung dengan modal uang. reputasi, keahlian, ilmu, sahabat & kerabat dapat menjadi modal bisnis
Jika dilihat dari ilmu ekonomi Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata "bisnis" sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya  penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya "bisnis pertelevisian." Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Meskipun demikian, definisi "bisnis" yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.

Definisi bisnis onlie:
Definisi Bisnis online seringkali diasumsikan oleh internet marketer bahwa semua bisnis yang dilakukan secara online dengan menggunakan media internet sebagai media pemasaran produk dan jasa adalah mencakup bagian-bagian dari bisnis online. Jadi dalam hal ini internet hanyalah media karena internet sendiri yang terdiri dari ribuan-ribuan halaman bahkan jutaan halaman WEB mampu menyediakan informasi bagi pengguna internet. Makanya tidak heran jika banyak pelaku bisnis maupun personal menggunakan internet sebagai media yang ampuh untuk mengkomersilkan dan promosi atas produk mereka dengan harapan bahwa pengguna internet dapat melihat dan mengenal hingga akhirnya tertarik menggunakan produknya, itu hanya sebagian contoh kecil dari kelebihan bisnis online
Bisnis online di Indonesia saat ini berkembang sangat pesat dan menjadi sebuah wahana baru yang menunggu untuk di eksplorasi. Sebuah wahana serta sumber pembelajaran tanpa batas yang dapat dimanfaatkan oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun. Mungkin inilah yang menyebabkan internet begitu populer di Indonesia. Kita sebagai pengguna internet boleh sedikit bangga mengenai kondisi kita saat ini. Hal ini dikarenakan pertumbuhan pengguna internet kita yang sangat tinggi bahakan tertinggi di Asia Tenggara. Dari anak taman kanak-kanak hingga orang orang dewasa saat ini sudah mengenal internet. Entah belajar dari mana, yang pasti internet telah menembus seluruh lapisan masyarakat di Indonesia
Pertumbuhan bisnis online yang tinggi juga ikut berperan dalam menciptakan lapangan kerja bagi penduduknya. Sebuah perkerjaan revolusioner berbasis media online yang berkembang cukup cepat serta menjanjikan keuntungan yang besar mulai di lirik para netter. Saat ini banyak bermunculan aneka inovasi bisnis yang semual bersifat offline dan hanya dapat dijalankan secara manusiawi, tetapi kini telah berkembang menjadi sebuah bisnis online yang multi user serta go net media. Bisnis syariah, investasi hingga perdagangan yang awalnya hanya berbasis man to man work kini telah lebih maju dengan bisnis berbasis online. Saya sendiri sebagai seorang internet user juga ingin sedikit merasakan madu dari bisnis online. Semoga hal ini bias terwujud dalam beberapa waktu kedepan.
Banyak jenis bisnis online yang dapat dijalankan seperti yang telah sedikit saya singgung diatas. Meskipun banyak bisnis potensial yang dapat dijalankan, namun tidak sedikit para netter yang menemui jalan buntu saat menjalankanya bahkan kegagalan. Dari sekian faktor penyebab kegagalan usaha, promosi adalah faktor yang paling berpengaruh. Ketidakmampuan promosi akan produk yang ditawarkan sering mengganjal laju pergerakan bisnis online. Sebenarnya ada sebuah cara efektif untuk berpromosi online. Pasang Iklan Gratis Sebagai Awal Mulai Bisnis Online adalah sebuah cara efektif dan mudah untuk mempromosikan usaha anda. Dengan memanfaatkan layanan pasang iklan gratis , akan menghemat budget pengeluaran sehingga diharapkan keuntungan akan bertambah.

Kelebihan bisnis online:
Bisa kita lihat disaat surfing atau browsing diinternet betapa banyaknya situs yang tersedia di internet dengan berbagai macam bisnis.Sebenarnya ada banyak kelebihan dari bisnis online tergantung kita menyadarinya sampai sejauh mana, inilah sebagian kelebihan bisnis online :
·         Tidak terikat waktu & tempat Dengan memiliki sistem website dan autoresponder yang mampu merespon dan follow up terhadap customer, maka sistem anda akan tetap bekerja 24 jam sehari 7 hari seminggu tanpa menghiraukan kapan dan dimana anda berada…
·         Pangsa pasar yang luas Dengan menggunakan media Internet yang dapat diakses dari belahan dunia mana saja maka internet sangat memungkinkan untuk menjangkau target market yang sangat luas. Jadi apapun produk atau jasa yang dionlinekan akan dapat di promosikan secara elektronik melalui internet namun semuanya itu juga bergantung sejauh mana pemilik situs memfasilitasi delivery fisik produk.
·         Media Promosi yang efektif Promosi online lebih efektif karena dalam menjalankan bisnis online kita dapat membidik target pasar dengan dengan menyesuaikan content/artikel sedang hangat saat itu. Jadi dengan adanya informasi/artikel yang ada pada situs kita bisa memetakan pangsa pasarman yang akan dituju. Tinggal menyesuaikan target pasarnya saja dan tentunya tidak ada beban dalam berpromosi seperti umumnya sales marketing yang harus face to face dengan calon pembeli.
·         Modal & Biaya operasional yang relatif kecil Semua bisnis memerlukan modal & biaya operasional tapi dengan bisnis online semua itu dapat ditekan sekecil mungkin tapi dapat menghasilkan pendapatan yang lebih besar dari modal & biaya operasional. Karena anda tidak perlu memiliki toko / kantor, karyawan seperti bisnis pada umumnya. Dalam bisnis ini follow up penjualan biasanya cukup dilakukan melalui email, sehingga anda tidak perlu untuk mengeluarkan biaya transport mengunjungi calon klien anda.
·         You Are The Bos Kelebihan yang satu ini yang paling banyak senangi. Anda akan menjadi pimpinan dan sekaligus pemilik dalam bisnis online anda tanpa terikat oleh siapapun. Karena anda tidak perlu atasan yang mengatur jadwal kerja anda dlm menjalankan bisnis tapi anda sendiri yang mengatur jadwal & strategi untuk mencapai target pendapatan.
Kekurangan bisnis online :
·         Pelanggan tidak bisa melihat atau mencoba produk sebelum membeli. Sehingga jangan heran kalau ada yang meminta tukar kaena alasan tertentu. Kesimpulannya dobel ongkos kirim
·         Siap-siap dimarahin pembeli yang kiriman barangnya belum sampai, padahal sudah dikirim 3 hari yang lalu dengan one night serice. Hal ini sering kali terjadi
·         Kalau kurang promosi, online store anda bisa sepi pengunjung.

Tips memilih bisnis online:
Sebelum menjelaskan beberapa Tips Memilih Bisnis Online perlu dingatkan apakah anda sudah siap menerima konsekwensi terburuk dari Bisnis Online (Merintis Bisnis di Dunia Maya), Jika anda belum siap sebaiknya tutup eksplorer anda atau silahkan mencari topik lain selain Bisnis Online dan jangan pernah mencoba karena anda hanya akan membuang uang, waktu, pikiran dan tenaga dan menurut saya itu adalah harga yang lebih mahal dari sekedar mengeluarkan uang ratusan ribu tapi jika anda sudah persiapkan mental (Road to Netpreuner) saya akan memberitahu anda cara memilih bisnis online yang aman.
Cara Mencari Bisnis Online atau Cara Memilih Bisnis  di Internet
  1. Jangan mudah terpengaruh dengan janji yang fantastis atau terlalu sensasional, mulailah dengan program bisnis online dengan Business Plan yang wajar (masuk akal)
  2. Pilih program bisnis yang betul-betul dicari dan diminati banyak orang.
  3. Pastikan bahwa salah satu program bisnis online yang akan diikuti menyediakan wadah untuk konsultasi untuk bimbingan anda dalam menjalankan bisnis online
  4. Amati situs yang menyediakan program dengan melakukan pengamatan pada hasil search engine dengan mengetikkan keyword http://namasitus.com atau nama pemilik/pengelola ( contoh keyword : namapemilik, bisnis online namapemilik, penipuan namapemilik/namasitus, rekomendasi namasitus, review namasitus dll)
  5. Perhatikan jumlah hasil pencarian, fokus pada hasil pencarian untuk review atau rekomendasi & perhatikan siapa dan situs apa yang merekomendasikan dan lanjutkan dengan mengamati profil orang / namasitus yang mereview & merekomendasikan. salah satu contoh review bisnis bisa anda temukan.
  6. Jika anda pemula mulailah dengan harga yang terjangkau, harga mahal belum tentu memuaskan, harga murah belum tentu murahan. Bahkan dari pengalaman saya memulai bisnis online justru saya mendapatkan ilmu dan panduan yang sangat berharga dari harga yang masih terjangkau melebihi fasilitas program yang lebih mahal
  7. Cek situs berapa lama situs itu sudah berdiri, gunakan fasilitas whois tapi itu juga bukan jaminan karena ada beberapa situs yang sudah berdiri lama dan dikelola secara profesional justru tidak memuaskan dan lebih terkesan menipu karena apa yang ditawarkan pada sales letter tidak ditemui di member area. (maaf saya tidak dapat menyebutkan namasitus dan pemiliknya, tapi yang jelas saya tidak akan mempromosikan dan mereviewnya)
  8. Mintalah saran pada orang-orang yang sudah ada pengalaman dalam bisnis online
  9. Cek Respon Sistem Support dari situs dengan melakukan pendaftaran / order, biasanya Program Bisnis yang baik dan profesional akan memberi respon balik dalam waktu kurang dari lima menit (Jika Tidak ada Masalah dengan Koneksi) dan disusul dengan Follow Up yang Rutin dalam beberapa hari bahkan Sebulan berupa Info dan Artikel Gratis tentang Bisnis yang akan dijalani
  10. Dan yang terpenting saya (Founder MetRis Community Dot Com) Tidak sembarang dalam mereview & merekomendasikan situs program bisnis. Ingat saya sudah banyak mengikuti program bisnis dan tentunya saya tidak akan tega dan rela merekomendasikan sembarang program bisnis kepada anda meski itu adalah pendapatan bagi saya. “Uang bukan segalanya Tapi kepercayaan sangatlah mahal dan berarti” dan itu juga yang anda harus pegang ketika anda mulai membangun Bisnis Online.
Ya demikian penjelesan sedikit dari saya tentang bisnis online..
Riko Widyatmoko Hartaji
25210960
1 EB 11


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 comments:

Post a Comment